Selasa, 04 Januari 2011

Ponpes Al-Baqiyatussholihat Cibarusah, Bekasi, "SETIA DENGAN TRADISI KITAB KUNING"


“Di tengah arus globalisasi dan semakin maraknya pesantren modern, pesantren ini justru masih sangat setia dengan tradisi salafiyah, yaitu memakai dan menggunakan rujukan kitab kuning dalam belajar dan mengajar mereka.”

            Ya, inilah kondisi real yang terjadi di Pesantren Al-Baqiyatussholihat Cibogo, Cibarusah, Bekasi. Mereka masih setia dengan konsep yang ditawarkan oleh Walisongo dulu. Namun, bukan berarti sistem pelajaran yang diberlakukan di sini full-salafiyah semata. Mereka tetap mengadopsi pengetahuan-pengetahuan modern yang dianggap pantas. Hanya saja, kitab rujukan utama mereka tetap kitab kuning.
Mereka menganut kaidah fikiyah, Al-Muhafadzah ‘ala Qadiimi al-Shalih wa al-Akhdu bi al-Jadiid al-Ashlah (memelihara konsep lama yang baik sambil menggali konsep baru yang lebih baik tanpa menghilangkan konsep lama).
Sebagai salah satu pesantren tua di Bekasi, Pesantren Al-Baqiyatussholihat memiliki sejarah yang sangat panjang. Menurut KH.R. Jamaluddin Nawawi (38 th), pesantren ini berdiri karena kondisi sosial masyarakat saat itu (pra kemerdekaan), yang seakan-akan ingin membangun dirinya lewat ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, eksistensi pesantren sangat dibutuhkan karena kondisi sosial masyarakat yang miskin ilmu pengetahuan dan pegangan hidup.
Maka sebagai orang yang berilmu dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perkembangan Islam, KH. Raden Anwar yang pernah menjadi murid KH. Hasyim Asy’ari ini, mengutus anaknya yang bernama Raden Ma’mun Nawawi untuk belajar agama di pesantren. Maka satu-persatu pesantren disambangi untuk digali ilmunya, mulai dari Pesantren KH. Hasyim Asy’ari di Jawa Timur, Pesantren Syekh Ihsan Jampes (Pengarang Kitab Siraj al-Thalibin) di Kediri, hingga Pesantren Tugabus Bakri bin Seda (Mama Sempur) di Plered, Sempur, Bandung. “Saking pinternya, ayah saya yakni Raden Ma’mun Nawawi  diangkat mantu oleh Kiayi Tubagus saat itu,” ujar KH. R. Jamaluddin Nawawi, yang tidak lain merupakan putra KH.R.Ma’mun Nawawi dan pengelola pesantren sekarang.
Nyantri Raden Ma’mun Nawawi tidak berhenti sampai di situ. Setelah itu, beliau belajar lagi ke Pesantren Syekh Mansyur (pengarang Sulam al-Nairen) di Jembatan Lima, Jakarta. Kitab Sulam al-Nairen berisi tentang ilmu falak. Oleh Raden Ma’mun Nawawi kitab ini mampu dipelajari dan dikuasainya selama 40 hari saja. “Beliau memang cerdas orangnya,” ujar KH.R.Jamaluddin. Bahkan, menurutnya, saking cerdasnya, dalam usia 19 tahun, sang ayah sudah menghafal 30 juz al-Qur’an. Dari Jembatan Lima, Raden Ma’mun Nawawi belajar ke Makkah al-Mukarramah, untuk berguru kepada orang-orang yang pintar di sana.
            Setelah dianggap bisa dan memadai beradaptasi untuk mengembangkan dakwah Islamiyah, Raden Ma’mun Nawawi diminta oleh mertuanya, Tubagus Bakri untuk mendirikan pesantren di Pandeglang, Banten. Namun, sekitar dua tahun kemudian, beliau diminta oleh ayahnya, KH.Raden Anwar untuk kembali ke habitatnya di Cibogo, Cibarusah, untuk mendirikan pesantren. Atas biaya sang ayah, maka berdirilah Pesantren Al-Baqiyatussholihat pada tahun 1938. Seluruh santri di Pesantren Pandeglang ikut gabung ke Pesantren Al-Baqiyatussholihat ini. “Jadi, pada tahun pertama hampir sebagian besar santri di sini didominiasi oleh orang-orang Banten,” ujar KH. Jamaluddin.
Pada masa keemasannya, pesantren ini pernah menampung sekitar 1000 santri dalam satu angkatan. Bahkan, pesantren ini sempat terkenal sebagai Pesantren Ilmu Falak (Hisab). Ketika berbicara masalah pesantren ini, maka yang muncul adalah Pesantren Ilmu Falak. Karena itu, ketika pemerintah Bekasi, Bogor, Jakarta dan sekitarnya membutuhkan masalah perhitungan falakiyah, selalu merujuk ke pesantren ini. Sekarang masalah falakiyah juga masih diajarkan di sini. KH. Jamaluddin lalu menunjukkan contoh almanak berdasarkan perhitungan falakiyah yang masih menggunakan oret-oretan tangan. “Dari dulu hingga sekarang, modelnya ya kaya gini,” ujarnya.
Kini, di usianya yang sudah 73 tahun, pesantren yang berdiri di atas tanah 2995 m2 ini masih tetap eksis dan setia dengan tradisi lamanya, yaitu mengajarkan kitab kuning kepada para santri putra dan putrinya, baik ilmu alat (nahwu, sharaf, balaghah), ilmu faraidh (waris), ilmu fikih, falak (hisab), tauhid dan sebagainya. Salah satu santrinya yang berkali-kali tampil di televisi adalah KH. Yahya Anshori di Kalideres. Bekas santri lainnya yang masih eksis adalah Kiayi Utsman di Citeureup dan sebagainya.
KH.R.Ma’mun Nawawi meninggal dalam usia 63 tahun (1912-1975). Selama hidupnya beliau pernah menulis nadzaman ilmu falak sebanyak 63 bait dan menghasilkan setidaknya 63 kitab. “Angka-angka ini seperti kebetulan saja,” ujar KH.R. Jamaluddin yang merupakan keturunan ke-11 dari Maulana Hasanuddin dan ke-24 dari Rasulullah ini. Sebagian kitabnya dijual di Toko Arafat Bogor, seperti  Kasyful Gumum wal Gumum (tentang doa), Hikayatul Mutaqaddimin (tentang kisah-kisah ulama dahulu), Idho’ul Mubhamat (tentang rumus-rumus akumulasi dari kitab-kitab yg mengandung akronim) dan sebagainya.
Makam KH.R.Ma’mun Nawawi berada di sekitar pesantren dan seringkali dikunjungi orang baik dari Banten atau Bogor, khususnya pada bulan Maulid. Pada masa hidupnya beliau pernah berjuang bersama KH. Nur Ali (Pahlawan Nasional) dalam gerakan Hizbullah. “Kalau KH. Nur Ali bidang militansinya, sedang ayah bidang Bintal (Pembinaan Mental)-nya,” ujar KH.R.Jamaluddin Nawawi. Dan atas jasanya tersebut, nama beliau dijadikan nama jalan.
Dalam akhir wawancaranya, KH.R.Jamaluddin berpesan agar kita sebagai umat Islam punya kepedulian yang tinggi terhadap eksistensi pesantren. Sebab, wadah inilah yang telah teruji selama ratusan tahun sebagai soko guru pembinaan ilmu dan moralitas bangsa. Salah satu caranya adalah agar orang tua berkenan memasukkan anak-anaknya ke pesantren untuk diajarkan ilmu agama.

Eep Khunaefi/Dimuat di Hidayah edisi 113

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Makasih infonya....saya bangga indonesia punya orang hebat

Cifestwalk mengatakan...

Makasih infonya....saya bangga indonesia punya orang hebat

Anwar Rojuhas mengatakan...

Akuuu cinta ponpes Al baqiyatussholihat... mudah-mudahan trus eksis.mencetak generasi muslim yang berkualitas.

Unknown mengatakan...

ya Allah saya bener" bangga pernah menimba ilmu di pondok ini selama smp , mudah"an pak kyai selalu di beri kesahatan jasmani dan rohani, di panjang kan umur nya dan di sabar kan dalam mengajar para santri nya.
amin allahuma amin.��

Unknown mengatakan...

Bismillah semoga pak kyai sehat selalu dan panjang umur, Amiin yrba

Unknown mengatakan...

Saya mau masukan anak saya untuk belajar ilmu agama tingkat SMP, thn ajaran 2020-2021 gmana saya dapet informasi terima kasih atas bantuannya