Jumat, 15 Juni 2012

PANDUAN ILMU SHARAF BAGI PEMULA



Judul                      : ASASI; Dasar-Dasar Ilmu Sharaf
Penulis                   : Drs. H. Ahmad Izzan, M.Ag.
Penerbit : Tafakur
Terbit                     : Cetakan pertama, Oktober 2011
Tebal                      : 172 hal


 By Epholic

Ilmu sharaf merupakan cabang ilmu bahasa Arab yang mempelajari segala peraturan yang berhubungan dengan pembentukan dan perubahan kata-kata. Awalnya, ia merupakan satu cabang dengan ilmu nahwu. Pada akhir abad satu hijriyah, ulama ahli bahasa Arab mulai mengkhususkan diri pada pembahasan sharaf secara lebih mendalam. Dengan kata lain, sejak itu ilmu sharaf mulai menjadi kajian yang berdiri sendiri.
Pelopor dan penggagas ilmu sharaf adalah Mu’adz bin Muslim al-Harra. Namun, menurut pengarang kitab al-Qanun, pelopornya adalah Ali bin Abi Thalib. Sedangkan peletak dasarnya adalah Khalil bin Ahmad bin Amr bin Tamim al-Faraai al-Azdi lewat karyanya Mu’jam al-‘Arabiyah.

Setelah itu bermunculan ilmu sharaf yang sangat terkenal seperti Sirr as-Siha’afi an-Nahwi, Syarh Tasrif al-Manzini, Hal at-Tasniyah wal Jam’ dan al-Khasa’is karya Ibnu Jinni, Tasrif al-‘Izzi oleh az-Zanjani, al-Mughni oleh Ibn Hisyam, al-Isytiqaq fi al-Lughah al-‘Arabiyah oleh al-Asma’i dan as-Sahibi oleh Ibnu Qaris.
Hanya saja kitab-kitab tersebut disusun dalam bahasa Arab, sehingga kalangan pemula cukup sulit mempelajarinya. Karena itu, kehadiran buku sharaf yang berbahasa Indonesia sangat dibutuhkan. Buku yang ada di hadapan pembaca ini merupakan buku sharaf berbahasa Indonesia. Menurut penulisnya, Drs. H. Ahmad Izzan, M.Ag, buku ini ditujukan untuk para pemula yang berminat belajar ilmu sharaf, baik mereka yang berlatar belakang pesantren maupun non-pesantren.
Target awal yang dituju sang penulis adalah para pembaca yang belum mengenal sama sekali ilmu sharaf. Namun, penulis menyarankan, pembaca juga harus mempelajari ilmu nahwu. Dengan demikian, ada pemahaman yang lebih utuh tentang sebuah kalimat di dalam bahasa Arab.
Akhirnya sang penulis berharap bahwa kehadiran buku ini dapat menjadi pengisi dari kurangnya buku yang membahas ilmu sharaf dengan menggunakan pengantar bahasa Indonesia. Selamat mempelajarinya!

Tidak ada komentar: