Kamis, 10 Mei 2012

BELAJAR DARI SEBUAH KISAH

By Epholic


Judul                : Kultum: Mengubah Kehidupan dan Kebahagiaan
Penulis              : Rudiyanto SW
Penerbit            : Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup)
Terbit                : Cet. Ke-1, Januari 2012
Tebal                :251 halaman


Apakah hidup Anda ingin berubah? Semua orang pasti akan menjawab ingin. Namun, banyak orang yang tidak bahu bagaimana caranya. Padahal, untuk berubah tidaklah terlalu sulit jika kita menemukan formulanya.
Salah satu formula yang paling sederhana adalah belajar dari sebuah kisah. Tentu saja, kisah yang bisa menggugah diri kita. Kisah yang dapat mencerahkan diri kita untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Demikian penting arti sebuah kisah yang positif itu, hingga al-Qur’an sendiri banyak mengisi redaksinya dengan kisah-kisah inspiratif dari para Nabi terdahulu atau kisah orang yang penuh hikmah.
Atas dasar itulah, buku berjudul “Kultum: Mengubah Kehidupan dan Kebahagiaan” ini selalu menyelipkan kisah-kisah yang sangat menarik dalam setiap ulasan atau sub judulnya. Lewat kisah yang disajikan dalam buku ini, sang penulis berharap bahwa pembaca akan mendapatkan inspirasi dalam rentang tujuh menit. Tidak lama dan tidak juga cepat, hanya tujuh menit atau 420 detik. Ketika saya membaca buku ini, malah tidak harus membutuhkan waktu tujuh menit untuk bisa mendapatkan inspirasi. Ketika saya membacanya, saat itu pula saya langsung terinspirasi.
Dari beberapa kisah yang disajikan dalam buku ini, tampak bahwa penulis begitu konsen pada persoalan sufistik. Hanya saja, sufistik yang diinginkan oleh penulis adalah seseorang yang tidak saja terjerembab dalam kebutaan ukhrawi, tetapi juga duniawi. Ada balancing (keseimbangan) di antara keduanya. Buku ini sekaligus sebagai otokritik atas model kehidupan beragama dikotomis yang kadang masih menguasai pikiran dan perilaku umat Islam di beberapa tempat. Yaitu, sebuah konsep hidup yang masih memisahkan akan pentingnya ukhrawi dan duniawi.  
“Tulisan dalam buku ini meskipun singkat, tetapi dapat menajamkan sisi emosi dan spiritual. Buku ini selain kaya informasi juga menggugah semangat dan menambah kecintaan serta ketaatan Sang Khaliq,” tulis Ary Ginanjar Agustian dalam endoursemen-nya.
Segera dapatkan buku ini di tokoh-toko buku terdekat Anda dan raihlah inspirasi sebanyak mungkin!   

Tidak ada komentar: